Jumat, 01 Januari 2016

Kisah Mistis Museum Fatahillah

Sejarah yang memiliki kisah kelam cukup melekat dengan kisah-kisah mistis. Ya, begitulah kisah yang melekat pada sejumlah bangunan bersejarah di tanah air. Di balik kisah sejarahnya yang menjadi daya tarik wisatawan tersimpan rapih kisah mistis yang mengerikan. Sebut saja, Lawang Sewu yang menjadi bangunan bersejarah berhantu tanah air yang keangkerannya terkenal hingga ke dunia internasional. Kisah-kisah penampakan gaib hingga wujud hantu yang khas dengan wujud di masa lalu begitu kental dengan namanya. Kisah tersebut pula yang cukup dikenal masyarakat luas akan museum Fatahillah di Ibu Kota Jakarta. Di siang hari museum ini memang ramai di kunjungi sederet wisatawan yang ingin mengenal lebih jauh tentang kisah sejarah dari museum yang juga dikenal dengan nama museum sejarah Jakarta ini. Tapi saat malam hari kisah sejarahnya pun berubah menjadi kisah mistis menyeramkan.

KISAH MISTIS MUSEUM FATAHILLAH

Museum Fatahillah atau yang juga dikenal sebagai museum Sejarah Jakarta memang memiliki sisi mistis yang sangat melegenda. Bahkan konon, tidak hanya suara-suara misterius dari tiga bocah kecil yang berlarian, penampakan hantu pun kental dengan bagunan tua yang berdiri sejak tahun 1710 ini. Dari kisah sejarah, bangunan tua yang mulai di bangun pada tahun 1620 ini memang memiliki segudang kisah yang mengerikan. Tidak hanya kisah mistis tapi juga kisah-kisah kekerasan yang sangat tidak manusiawi. Dan kisah hororpun dimulai.

ALUN-ALUN DI DEPAN MUSEUM

Salah satu kisah kelam akan pembantaian sadis di museum ini adalah kisah pembunuhan keji yang dilakukan oleh rezim belanda terhadap warga Cina. Sekitar tahun 1740 silam dikisahkan tepat di alun-alun depan museum telah terjadi pembantaian sekitar 500 orang Cina. Konon, pada waktu tertentu suara-suara teriakan histeris hingga tangisan terdengar sangat ramai tepat di tempat pembantaian. Tidak hanya itu, bau darah hingga penampakan jazad tanpa kepala.

LONCENG KEMATIAN

Selain di jadikan sebagai gedung pemerintahan di era Belanda, museum Fatahillah juga di jadikan sebagai tempat eksekusi. Dalam kisah sejarahnya, seorang tahanan yang akan di eksekusi akan di beri tanda dari orang-orang disekitar museum melalui sebuah lonceng yang dikenal dengan nama lonceng kematian. 1 kali berarti tahanan mulai digiring ke ruang pengadilan, ke dua berarti tahanan sudah berada di atas podium pengadilan. Nah, bunyi lonceng ketiga menjadi tanda tahanan segera di eksekusi dan disaksikan oleh pejabat dan hakim pengadilan. Menurut kisahnya, kadang di waktu-waktu tertentu lonceng yang memang dahulu selalu di bunyikan saat malam hari, berbunyi dengan sendirinya. Bahkan, konon bunyinya sampai tiga kali.

PENJARA BAWAH TANAH

Kisah Mistis Museum Fathillah oleh SegiEmpatKisah mistis yang paling melegenda di museum Fatahillah adalah kisah-kisah horor yang berada di area penjara bawah tanah. Dari namanya ruang penjara yang sudah berdiri sekitar 300 tahun lebih ini memang kental dengan nuansa mistis. Dahulu daerah ini disebut dengan nama Donker Gat yang artinya ruang gelap. Menurut kisahnya, penjara ini dulu di gunakan sebagai tempat penampungan para tahanan, penjahat dan tokoh-tokoh masyarakat yang memberontak terhadap pemerintahan Belanda. Disinilah aksi kejam yang paling banyak terjadi, para tahanan di sesasi hingga 500 orang, dibiarkan kelaparan, membusuk mati sampai disiksa dengan sadis.
Kisah kelam tersebutlah yang dipercaya menjadikan areal penjara ini kental dengan nuansa mistis. Mulai dari suara-suara aneh, bau anyir dan amis darah hingga penampakan hantu sering terjadi di daerah ini. Bahkan, menurut para penjaga mereka tidak pernah berani berlama-lama jika berpatroli di daerah tersebut. Konon, penampakan sosok bayangan hitam, penampakan tiga hantu berwujud anak kecil yang sudah tidak karuan sampai penampakan hantu berwujud pria dan wanita yang mengenakan busana khas Belanda tapi dengan bentuk yang sudah hancur sering terlihat di daerah ini.
Dari keterangan salah satu sumber, para praktisi supranatural memang menyebut jika museum Fatahillah ini di huni oleh banyak mahkluk gaib yang tidak sangat tidak ramah. Tidak percaya? Buktikan sendiri.
http://segiempat.com/aneh-unik/mistis/kisah-mistis-museum-fatahillah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar