Jumat, 01 Januari 2016

cabang cabang ilmu filsafat


Di dalam perkembangannya, ilmu filsafat tidak lagi merupakan satu kesatuan utuh. Dalam hal ini, karena dirasa perlu untuk membaginya menjadi beberapa cabang. Tujuannya agar lebih mudah untuk dipelajari serta diimplementasikan dalam kehidupan nyata.
Cabang-cabang dari ilmu filsafat tersebut terdiri atas :
Secara harfiah arti dari metafisika adalah ‘melampaui ilmu pengetahuan’, karena dalam bahasa Yunani arti dari ‘meta’ adalah melampaui, sedang ‘physika’ memiliki arti Fisika. Cabang ilmu filsafat ini mempelajari tentang jati diri manusia, termasuk alam semesta, makhluk spiritual, kehidupan pasca kematian, dan lain-lain. Metafisika sendiri masih dibagi lagi menjadi 3 cabang, yakni :
  • Ontologi, yang mempelajari khusus tentang eksistensi atau keberadaan
  • Theologi, yang mempelajari tentang ketuhanan dan proses penciptaan
  • Sains Universal, yang mempelajari prinsip-prinsip seperti jati diri.


Ilmu filsafat memang kalah populer dibanding disiplin ilmu yang lain, apalagi di era yang serba hedonis seperti sekarang ini, filsafat semakin ditinggalkan. Semakin sedikitnya mereka yang mempelajari ilmu filsafat inilah yang membuat batin dan pikiran mereka semakin keropos. Kekeroposan yang bukan hanya akan merusak diri mereka sendiri, tapi juga merusak kehidupan di sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar