Senin, 30 November 2015

adat palang pintu



ADAT PALANG PINTU

 Pengertian Palang Pintu Dan Asal Usulnya
Palang dalam bahasa berarti menghalangi dan pintu berarti masuk, palang pintu berarti menghalangi sesuatu yang ingin masuk. Palang Pintu Betawi sendiri yaitu upacara adat betawi dimana pada saat rombongan mempelai laki-laki sampai di tempat mempelai wanita, mempelai laki-laki tidak di perkenankan masuk sebelum menyelesaikan syarat-syarat yang diminta oleh pihak besan mempelai wanita. Syaratnya biasanya ada dua, yang pertama pihak mempelai laki-laki harus bisa silat (mengalahkan tukang pukul pihak mempelai wanita), syarat kedua yaitu sikeh, mempelai laki-laki di tuntut untuk mengaji.
Adapun awal mulanya acara Palang Pintu itu Konon kabarnya pada jaman dulu kalau akan mempersunting seorang mempelai wanita, harus punya jagoan yang  bisa mengalahkan jawara kampung mempelai wanita dengan diiringi arak-arakan, ondel-ondel dan menyalakan petasan. Tradisi ini berlanjut sampai sekian lama, kemudian diteruskan oleh generasi ke generasi sampai pada penerus kesenian beladiri palang pintu yang diberi nama Seni Bela Diri Palang Pintu. Namun acara iring-iringan palang pintu yang sekarang masih dilestariakan agak sedikit berbeda dari zaman dulu, yaitu Palang Pintu saat ini biasanya diiringi dengan arak-arakan berupa tabuhan dari tabuhan alat-alat rebana.
B.     Proses Acara Palang Pintu
Pada hakekatnya palang pintu bermaksud untuk menahan laju dari rombongan pengantin pria yang hendak menuju ke kediaman pengantin wanita untuk melamar sang wanita. Untuk  bisa memasuki ke kediaman atau daerah  pengantin wanita tinggal, rombongan pria harus bisa memenuhi persyaratan yang diajukan oleh palang pintu dari pengantin wanita.
Berawal  dari iring-iringan atau biasa disebut arak-arakan  besan calon pengantin laki-laki menuju rumah calon pengantin perempuan.  Di antara rombongan besan calon mempelai laki-laki biasanya membawa hadroh atau marawis,namun lebih sering marawis karena lebih keras terdengar dan banyak lagu pilihan yang enak didengar.  Ada orang yang membawa seserahan atau maskawin, nah untuk yang ini bukan remaja yang melakukan namun, biasanya Ibu-ibu. Dalam membawakan maskawin dan lainnya yang pasti ada dalam bawaan adalah "Roti Buaya" ini juga merupakan budaya Betawi yang ada saat pernikahan.  Lalu ada  jagoan silatnya,  jagoan ini yang nantinya bertugas untuk membuka Palang Pintu yang dipersiapkan calon pengantin wanita. Bersamaan dengan datangnya rombongan besan pengantin pria,rombongan  pihak pengantin  wanita pun sudah menunggu yang  pastinya ada orang-orang yang berpenampilan seperti jagoan,  nah  mereka inilah yang biasa disebut dengan Palang Pintu. Saat rombongan pengantin pria menuju tempat mempelai wanita untuk menikahinya, mereka harus melewati hadangan dari palang pintu yang sudah berjaga-jaga. Ketika rombongan pengantin pria sudah berhadapan dengan palang pintu, mereka harus memenuhi persyaratan yang diajukan oleh palang pintu. Jika tidak terpenuhi maka Mempelalai pria tidak diperbolehkan masuk tempat wanita atau daerah dimana tempat tinggalnya  sebelum memenuhi persyaratan yang diminta oleh mempelai wanita.
Adapun persyaratan tersebut diawali dengan berbalas pantun dan adu silat antara wakil dari keluarga pria dan wakil dari keluarga wanita. Prosesi tersebut dimaksudkan sebagai ujian bagi mempelai pria sebelum diterima sebagai calon suami yang akan menjadi pelindung bagi mempelai wanita sang pujaan hati. Uniknya, dalam setiap petarungan silat, jago dari pihak mempelai wanita pasti dikalahkan oleh jagoan mempelai pria.
Berikut penggalan pantun seperti yang kerap dilakukan dalam prosesi Buka Palang Pintu berlangsung diwakili oleh pihak pengantin Perempuan (P) dan pihak pengantin Laki (L) :
P:   Eh,Bang-bang berenti, bang budeg ape luh. Eh, bang nih ape maksudnye nih, selonong-selonong di kampung orang. Emangnye lu kagak tahu kalo nih kampung ade yang punye? Eh….Bang, rumah gedongan rumah belande, pagarnya kawat tiangnya besi, gue kaga mao tau nih rombongan datengnye dari mane mau kemane, tapi lewat kampung gue kudu permisi.

L :  Oh…jadi lewat kampung sini kudu permisi, bang?
P:   Iye, emangnye lu kate nih tegalan.
L:   Maafin aye bang, kalo kedatangan aye ama rombongan kage berkenan di ati sudare-sudare. Sebelomnye aye pengen ucapin dulu nih Bang. Assalamu’alaikum..
P:   Alaikum salam..
L:   Begini bang. Makan sekuteng di Pasar Jum’at, mampir dulu di Kramat Jati, aye dateng ama rombongan dengan segala hormat, mohon diterime dengan senang hati.
P:   Oh, jadi lu uda niat dateng kemari. Eh Bang, kalo makan buah kenari, jangan ditelen biji-bijinye. Kalo ku udeh niat dateng kemari. Gue pengen tahu ape hajatnye?…
L :  Oh..jadi Abang pengen tahu ape hajatnye. Emang Abang kage dikasih tau ame tuan rumehnye. Bang, ade siang ade malam, ade bulan ade matahari, kalo bukan lantaran perawan yang di dalam, kaga bakalan nih laki gue anterin ke mari.
P:  Oh..jadi lantaran perawan Abang kemari?… Eh..Bang, kage salah Abang beli lemari, tapi sayang kage ade kuncinye, kage salah abang datang kemari, tapi sayang tuh, perawan ude ade yang punye.
L:   Oh..jadi tuh perawan ude ade yang punye.  Eh..Bang crukcuk kuburan cine, kuburan Islam aye nyang ngajiin, biar kate tuh perawan udeh ade yang punye, tetep aje nih laki bakal jadiin.
P:   Jadi elu kaga ngerti pengen jadiin. Eh, Bang kalo jalan lewat Kemayoran, ati-ati jalannye licin, dari pada niat lu kage kesampaian, lu pilih mati ape lu batalin.
L :  Oh..jadi abang bekeras nih. Eh Bang ibarat baju udah kepalang basah, masak nasi udah jadi bubur, biar kate aye mati berkalang tanah, setapak kage nantinye aye bakal mundur.
P:   Oh..jadi lu sangke kage mau mundur, ikan belut mati di tusuk, dalam kuali kudu masaknye, eh. Nih palang pintu kage ijinin lu masuk, sebelum lu penuin persaratannye.
L:   Oh..Jadi kalo mao dapet perawan sini ade saratnye, Bang?
P:   Ade, jadi pelayan aje ada saratnye, apa lagi perawan.
L:   Kalo begitu, sebutin saratnye. Bang.
P:   Lu pengen tau ape saratnye. Kude lumping dari tangerang, kedipin mate cari menantu, pasang kuping lu terang-terang, adepin dulu jago gue satu-persatu.
L:    Oh..jadi kalo mao dapet perawan sini saratnye bekelai Bang.
P:    Iye. Kalo lu takut, lu pulang.
L:  Bintang seawan-awan, aye itungin beribu satu, berape banyak Abang punya jagoan, aye bakal adepin satu-persatu.
Setelah adegan perkelahian, pemain palang pintu biasanya melanjutkan dengan kembangan. Berikut adalah petikannya :
L:  Bang, lu tau dalemnye rawe, pasti lu tau kali semanan, kalo mau tau namenye jaware, nih lu liat gue punye maenan (jalanin jurusnye ). Nih..baru kembangnye.. Bang. Ntar buahnye..
P:   Kelape ijo ditusuk belati, naek perahu lurus jalannye, udeh banyak jago yang mati, nih jurus pukulannye, (jalanin jurusnye) kalo elu buahnye. nih bijinye..
Beradu jurus pun berakhir. Pihak pengantin lelaki keluar sebagai pemenang. Perbincangan pun dilanjutkan kembali.
L:  Gimane Bang.rase-rasenye jagoan Abang udeh pade rontok semua nih. Ape aye ame rombongan udah boleh masuk?…Ape masih ade saratnye lagi Bang?…
P:   Ntar dulu Bang, enak aje. Pan lu tau. Buah cereme jangan diasinin, makan nasinye di kandang kude, sarat pertame emang lu ude penuin. Tapi masih ade sarat yang kedue.
L:   Sebutin udah bang jangan lame-lame.
P:   Tukang lakse dagangnye malam jalannya muter ke Pasar Kranji gue minta elu jangan cume bise berantem tapi gue pengen denger lu bise ngaji.
L:  Tumbuk ketan jadinye uli-ulinye juge kudui ditapeni betaun-taun anak kampung gue bisa ngaji lagu yang Abang minta aye bawain. Gimane Bang. soal berantem aye udah ladenin, soal ngaji abang udah dengerin ape aye ame rombongan udah boleh masuk, ape masih ade saratnye lagi, Bang?…
P:   Cukup-cukup dah Bang. Rase-rasenye kage sie-sie aye bebesanan ame Abang soal silat Abang jago soal ngaji Abang bise soal ngaji Abang bise. Aye Cuma bisa bilang. buah mangga bukan sembarang mangga buahnye satu tulung petikin aye bangga bukan sembarang bangga mantu yang begini yang aye arepin. Ahlan washlan buat Abang. Assalamu’alaikum..
Biasanya setelah saling menantang dalam pantun, masing-masing keluarga mengeluarkan jurus ala silat Betawi. Konon, pada jaman dahulu mereka berkelahi betulan. Sekarang tentu saja perkelahian itu hanya simbol belaka. Karena pada dasarnya pihak keluarga perempuan cuma ingin melihat sejauh mana kepandaian silat si calon mempelai pria. Usai prosesi Buka Palang Pintu, mempelai pria pun diterima keluarga mempelai wanita. Selanjutnya mereka melakukan prosesi ijab dan kabul.

C.    Dasar Hukum Acara Palang Pintu
Acara Palang Pintu merupakan hasil produk umat manusia dimana dalam acara tersebut adanya nilai-nilai universal. Dengan kata lain acara Palang Pintu termasuk dalam salah satu kearifan lokal yang ada di Indonesia. Dan kearifan lokal sendiri secara garis umum merupakan perpaduan antara nilai-nilai suci firman Tuhan dan berbagai nilai yang ada.
Kearifan lokal terbentuk sebagai keunggulan budaya masyarakat setempat maupun kondisi geografis dalam arti luas. Kearifan local merupakan produk budaya masa lalu yang patut secara terus-menerus dijadikan pegangan hidup. Meskipun bernilai lokal tetapi nilai yang terkandung di dalamnya dianggap sangat universal. Bentuk-bentuk kearifan lokal dalam masyarakat dapat berupa: nilai, norma, etika, kepercayaan, adat-istiadat, hukum adat, dan aturan-aturan khusus. Oleh karena bentuknya yang bermacam-macam dan ia hidup dalam aneka budaya masyarakat maka fungsinya menjadi bermacam-macam.
Dalam salah satu Hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad dari Abdullah ibn Mas’ud disebutkan :
مَا رَاَهُ الْمُسْلِمُوْنَ حَسَنًا فَهُوَ عِنْدَ اللهِ حَسَنٌ
Artinya : “Apa yang dipandang baik oleh umat Islam, maka di sisi Allah pun baik”.
Hadits tersebut oleh para ahli ushul fiqh dipahami (dijadikan dasar) bahwa tradisi masyarakat yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syari’at Islam dapat dijadikan dasar pertimbangan dalam menetapkan hukum Islam (fiqh). Dari hadis tersebut lahir kaidah fiqh:
اَلْعَادَةُ مُحَكَّمَةٌ
Artinya : “Suatu adat kebiasaan bisa dijadikan pedoman hukum”.
Apabila suatu ‘urf  bertentangan dengan Kitab atau Sunnah seperti kebiasaan masyarakat melakukan sebagian perbuatan yang diharamkan semisal meminum arak atau memakan riba, maka ‘urf mereka tersebut ditolak (mardud)[9].‘Urf yang dimaksud di sini adalah ‘urf khas, yaitu ‘urf yang dikenal berlaku pada suatu negara, wilayah atau golongan masyarakat tertentu, seperti ‘urf yang berhubungan dengan perdagangan, pertanian dan lain sebagainya.
Pentingnya posisi urf atau adat kebiasaan dalam teori hukum Islam merupakan kesepakatan para ulama’ ushul. Posisi urf ini menjadi penting karena dalam kenyataannya urf itulah yang menjadi the living law (hukum yang hidup) dalam masyarakat. Membiarkan dalil-dalil hukum Islam menjauh dari kenyataan social sama maknanaya dengan mengebiri hukum Islam itu sendiri. Karena itulah makna teks dan konteks dipertemukan, dalil hukum dan ‘illat hukum diteliti, serta kebiasaan yang berjalan baik diakomodasi sebagai bagian dari hukum. Itulah makna kaidah al-’Adah muhakkamah.

D.    Nilai-Nilai Sosiologi Yang Terkandung Di Dalamnya
Oleh karena  acara Palang Pintu merupakan termasuk kearifan lokal, maka ada banyak manfaat yang terkandung dalam acara tersebut sebagai nilai-nilai sosiologi.
Seperti disebutkan di atas, bahwa syarat yang harus dipenuhi oleh mempelai laki-laki ada dua syarat. Pertama dituntut punya kemampuan dalam bidang silat dengan tujuan agar dapat melindungi calon istrinya dari orang-orang yang ingin berbuat jahat. Dan yang kedua juga penganten laki-laki dituntut bisa mengaji agar nantinya bisa menjadi imam yang baik dalam segi agama islam dan mencontohkan hal-hal baik kepada anak dan istrinya.
Di lain pihak tradisi ini juga merupakan sebuah atraksi untuk mempererat tali persaudaraan antara keluarga mempelai pria maupun wanita. Selain itu juga, sebagai ujian bagi sang lelaki untuk membuktikan kehebatannya kepada mempelai wanita bahwa dia pantas meminang sang wanita. Oleh karenanya, wanita betawi itu tidak boleh sembarangan menerima pria untuk menjadi pasangan hidupnya, wanita tersebut harus jeli dalam menetukan apakah pria tersebut pantas atau tidak, bagaimana asal-usulnya, pekerjaan, hingga ke keluarganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar