ADAT
PALANG PINTU
Pengertian
Palang Pintu Dan Asal Usulnya
Palang dalam bahasa berarti menghalangi
dan pintu berarti masuk, palang pintu berarti menghalangi sesuatu yang ingin
masuk. Palang Pintu Betawi sendiri yaitu upacara adat betawi dimana pada saat
rombongan mempelai laki-laki sampai di tempat mempelai wanita, mempelai
laki-laki tidak di perkenankan masuk sebelum menyelesaikan syarat-syarat yang
diminta oleh pihak besan mempelai wanita. Syaratnya biasanya ada dua, yang
pertama pihak mempelai laki-laki harus bisa silat (mengalahkan tukang pukul
pihak mempelai wanita), syarat kedua yaitu sikeh, mempelai laki-laki di tuntut
untuk mengaji.
Adapun awal mulanya acara Palang Pintu
itu Konon kabarnya pada jaman dulu kalau akan mempersunting seorang mempelai
wanita, harus punya jagoan yang bisa mengalahkan jawara kampung mempelai
wanita dengan diiringi arak-arakan, ondel-ondel dan menyalakan petasan. Tradisi ini
berlanjut sampai sekian lama, kemudian diteruskan oleh generasi ke generasi
sampai pada penerus kesenian beladiri palang pintu yang diberi nama Seni Bela
Diri Palang Pintu. Namun acara iring-iringan palang pintu yang sekarang
masih dilestariakan agak sedikit berbeda dari zaman dulu, yaitu Palang Pintu
saat ini biasanya diiringi dengan arak-arakan berupa tabuhan dari tabuhan
alat-alat rebana.
B.
Proses Acara Palang Pintu
Pada hakekatnya palang pintu bermaksud
untuk menahan laju dari rombongan pengantin pria yang hendak menuju ke kediaman
pengantin wanita untuk melamar sang wanita. Untuk bisa memasuki ke
kediaman atau daerah pengantin wanita tinggal, rombongan pria harus bisa
memenuhi persyaratan yang diajukan oleh palang pintu dari pengantin wanita.
Berawal dari iring-iringan atau
biasa disebut arak-arakan besan calon pengantin laki-laki menuju rumah
calon pengantin perempuan. Di antara rombongan besan calon mempelai
laki-laki biasanya membawa hadroh atau marawis,namun lebih sering marawis
karena lebih keras terdengar dan banyak lagu pilihan yang enak didengar.
Ada orang yang membawa seserahan atau maskawin, nah untuk yang ini bukan remaja
yang melakukan namun, biasanya Ibu-ibu. Dalam membawakan maskawin dan lainnya
yang pasti ada dalam bawaan adalah "Roti Buaya" ini juga merupakan
budaya Betawi yang ada saat pernikahan. Lalu ada jagoan silatnya,
jagoan ini yang nantinya bertugas untuk membuka Palang Pintu yang
dipersiapkan calon pengantin wanita. Bersamaan dengan datangnya rombongan besan
pengantin pria,rombongan pihak pengantin wanita pun sudah menunggu
yang pastinya ada orang-orang yang berpenampilan seperti jagoan,
nah mereka inilah yang biasa disebut dengan Palang Pintu. Saat
rombongan pengantin pria menuju tempat mempelai wanita untuk menikahinya,
mereka harus melewati hadangan dari palang pintu yang sudah berjaga-jaga.
Ketika rombongan pengantin pria sudah berhadapan dengan palang pintu, mereka
harus memenuhi persyaratan yang diajukan oleh palang pintu. Jika tidak
terpenuhi maka Mempelalai pria tidak diperbolehkan masuk tempat wanita atau
daerah dimana tempat tinggalnya sebelum memenuhi persyaratan yang diminta
oleh mempelai wanita.
Adapun persyaratan tersebut diawali
dengan berbalas pantun dan adu silat antara wakil dari keluarga pria dan wakil
dari keluarga wanita. Prosesi tersebut dimaksudkan sebagai ujian bagi mempelai
pria sebelum diterima sebagai calon suami yang akan menjadi pelindung bagi
mempelai wanita sang pujaan hati. Uniknya, dalam setiap petarungan silat, jago
dari pihak mempelai wanita pasti dikalahkan oleh jagoan mempelai pria.
Berikut penggalan pantun seperti yang
kerap dilakukan dalam prosesi Buka Palang Pintu berlangsung diwakili oleh pihak
pengantin Perempuan (P) dan pihak pengantin Laki (L) :
P: Eh,Bang-bang berenti,
bang budeg ape luh. Eh, bang nih ape maksudnye nih, selonong-selonong di
kampung orang. Emangnye lu kagak tahu kalo nih kampung ade yang punye?
Eh….Bang, rumah gedongan rumah belande, pagarnya kawat tiangnya besi, gue kaga
mao tau nih rombongan datengnye dari mane mau kemane, tapi lewat kampung gue
kudu permisi.
L : Oh…jadi lewat kampung
sini kudu permisi, bang?
P: Iye, emangnye lu kate
nih tegalan.
L: Maafin aye bang, kalo
kedatangan aye ama rombongan kage berkenan di ati sudare-sudare. Sebelomnye aye
pengen ucapin dulu nih Bang. Assalamu’alaikum..
P: Alaikum salam..
L: Begini bang. Makan
sekuteng di Pasar Jum’at, mampir dulu di Kramat Jati, aye dateng ama rombongan
dengan segala hormat, mohon diterime dengan senang hati.
P: Oh, jadi lu uda niat
dateng kemari. Eh Bang, kalo makan buah kenari, jangan ditelen biji-bijinye.
Kalo ku udeh niat dateng kemari. Gue pengen tahu ape hajatnye?…
L : Oh..jadi Abang pengen
tahu ape hajatnye. Emang Abang kage dikasih tau ame tuan rumehnye. Bang,
ade siang ade malam, ade bulan ade matahari, kalo bukan lantaran perawan yang
di dalam, kaga bakalan nih laki gue anterin ke mari.
P: Oh..jadi lantaran perawan
Abang kemari?… Eh..Bang, kage salah Abang beli lemari, tapi sayang kage ade
kuncinye, kage salah abang datang kemari, tapi sayang tuh, perawan ude ade yang
punye.
L: Oh..jadi tuh perawan ude
ade yang punye. Eh..Bang crukcuk kuburan cine, kuburan Islam aye
nyang ngajiin, biar kate tuh perawan udeh ade yang punye, tetep aje nih laki
bakal jadiin.
P: Jadi elu kaga ngerti
pengen jadiin. Eh, Bang kalo jalan lewat Kemayoran, ati-ati jalannye
licin, dari pada niat lu kage kesampaian, lu pilih mati ape lu batalin.
L : Oh..jadi abang bekeras
nih. Eh Bang ibarat baju udah kepalang basah, masak nasi udah jadi bubur, biar
kate aye mati berkalang tanah, setapak kage nantinye aye bakal mundur.
P: Oh..jadi lu sangke kage
mau mundur, ikan belut mati di tusuk, dalam kuali kudu masaknye, eh. Nih palang
pintu kage ijinin lu masuk, sebelum lu penuin persaratannye.
L: Oh..Jadi kalo mao dapet
perawan sini ade saratnye, Bang?
P: Ade, jadi pelayan aje
ada saratnye, apa lagi perawan.
L: Kalo begitu, sebutin
saratnye. Bang.
P: Lu pengen tau ape
saratnye. Kude lumping dari tangerang, kedipin mate cari menantu, pasang kuping
lu terang-terang, adepin dulu jago gue satu-persatu.
L: Oh..jadi kalo
mao dapet perawan sini saratnye bekelai Bang.
P: Iye. Kalo lu
takut, lu pulang.
L: Bintang seawan-awan, aye itungin beribu
satu, berape banyak Abang punya jagoan, aye bakal adepin satu-persatu.
Setelah adegan perkelahian, pemain
palang pintu biasanya melanjutkan dengan kembangan. Berikut adalah petikannya :
L: Bang, lu tau dalemnye rawe,
pasti lu tau kali semanan, kalo mau tau namenye jaware, nih lu liat gue punye
maenan (jalanin jurusnye ). Nih..baru kembangnye.. Bang. Ntar buahnye..
P: Kelape ijo ditusuk
belati, naek perahu lurus jalannye, udeh banyak jago yang mati, nih jurus
pukulannye, (jalanin jurusnye) kalo elu buahnye. nih bijinye..
Beradu jurus pun berakhir. Pihak
pengantin lelaki keluar sebagai pemenang. Perbincangan pun dilanjutkan kembali.
L: Gimane Bang.rase-rasenye jagoan Abang
udeh pade rontok semua nih. Ape aye ame rombongan udah boleh masuk?…Ape masih
ade saratnye lagi Bang?…
P: Ntar dulu Bang, enak
aje. Pan lu tau. Buah cereme jangan diasinin, makan nasinye di kandang kude,
sarat pertame emang lu ude penuin. Tapi masih ade sarat yang kedue.
L: Sebutin udah bang jangan
lame-lame.
P: Tukang lakse dagangnye
malam jalannya muter ke Pasar Kranji gue minta elu jangan cume bise berantem
tapi gue pengen denger lu bise ngaji.
L: Tumbuk ketan jadinye uli-ulinye juge
kudui ditapeni betaun-taun anak kampung gue bisa ngaji lagu yang Abang minta aye bawain.
Gimane Bang. soal berantem aye udah ladenin, soal ngaji abang udah dengerin ape
aye ame rombongan udah boleh masuk, ape masih ade saratnye lagi, Bang?…
P: Cukup-cukup dah Bang.
Rase-rasenye kage sie-sie aye bebesanan ame Abang soal silat Abang jago soal
ngaji Abang bise soal ngaji Abang bise. Aye Cuma bisa bilang. buah mangga bukan
sembarang mangga buahnye satu tulung petikin aye bangga bukan sembarang bangga
mantu yang begini yang aye arepin. Ahlan washlan buat Abang. Assalamu’alaikum..
Biasanya setelah saling menantang dalam
pantun, masing-masing keluarga mengeluarkan jurus ala silat Betawi. Konon, pada
jaman dahulu mereka berkelahi betulan. Sekarang tentu saja perkelahian itu
hanya simbol belaka. Karena pada dasarnya pihak keluarga perempuan cuma ingin
melihat sejauh mana kepandaian silat si calon mempelai pria. Usai prosesi Buka
Palang Pintu, mempelai pria pun diterima keluarga mempelai wanita. Selanjutnya
mereka melakukan prosesi ijab dan kabul.
C.
Dasar Hukum Acara Palang Pintu
Acara Palang Pintu merupakan hasil
produk umat manusia dimana dalam acara tersebut adanya nilai-nilai universal.
Dengan kata lain acara Palang Pintu termasuk dalam salah satu kearifan lokal
yang ada di Indonesia. Dan kearifan lokal sendiri secara garis umum merupakan
perpaduan antara nilai-nilai suci firman Tuhan dan berbagai nilai yang ada.
Kearifan lokal terbentuk sebagai
keunggulan budaya masyarakat setempat maupun kondisi geografis dalam arti luas.
Kearifan local merupakan produk budaya masa lalu yang patut secara
terus-menerus dijadikan pegangan hidup. Meskipun bernilai lokal tetapi nilai
yang terkandung di dalamnya dianggap sangat universal. Bentuk-bentuk kearifan
lokal dalam masyarakat dapat berupa: nilai, norma, etika, kepercayaan,
adat-istiadat, hukum adat, dan aturan-aturan khusus. Oleh karena bentuknya yang
bermacam-macam dan ia hidup dalam aneka budaya masyarakat maka fungsinya
menjadi bermacam-macam.
Dalam salah satu Hadis yang
diriwayatkan oleh Ahmad dari Abdullah ibn Mas’ud disebutkan :
مَا
رَاَهُ الْمُسْلِمُوْنَ حَسَنًا فَهُوَ عِنْدَ اللهِ حَسَنٌ
Artinya : “Apa yang dipandang baik oleh
umat Islam, maka di sisi Allah pun baik”.
Hadits tersebut oleh para ahli ushul fiqh dipahami (dijadikan
dasar) bahwa tradisi masyarakat yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip
syari’at Islam dapat dijadikan dasar pertimbangan dalam menetapkan hukum Islam
(fiqh). Dari hadis tersebut lahir kaidah fiqh:
اَلْعَادَةُ
مُحَكَّمَةٌ
Artinya : “Suatu adat kebiasaan bisa
dijadikan pedoman hukum”.
Apabila suatu ‘urf bertentangan
dengan Kitab atau Sunnah seperti kebiasaan masyarakat melakukan sebagian
perbuatan yang diharamkan semisal meminum arak atau memakan riba, maka ‘urf
mereka tersebut ditolak (mardud)[9].‘Urf yang dimaksud di sini adalah ‘urf
khas, yaitu ‘urf yang dikenal berlaku pada suatu negara, wilayah atau golongan
masyarakat tertentu, seperti ‘urf yang berhubungan dengan perdagangan,
pertanian dan lain sebagainya.
Pentingnya posisi urf atau adat
kebiasaan dalam teori hukum Islam merupakan kesepakatan para ulama’ ushul.
Posisi urf ini menjadi penting karena dalam kenyataannya urf itulah yang
menjadi the living law (hukum yang hidup) dalam masyarakat. Membiarkan
dalil-dalil hukum Islam menjauh dari kenyataan social sama maknanaya dengan
mengebiri hukum Islam itu sendiri. Karena itulah makna teks dan konteks
dipertemukan, dalil hukum dan ‘illat hukum diteliti, serta kebiasaan yang
berjalan baik diakomodasi sebagai bagian dari hukum. Itulah makna kaidah
al-’Adah muhakkamah.
D.
Nilai-Nilai Sosiologi Yang
Terkandung Di Dalamnya
Oleh karena acara Palang Pintu
merupakan termasuk kearifan lokal, maka ada banyak manfaat yang terkandung
dalam acara tersebut sebagai nilai-nilai sosiologi.
Seperti disebutkan di atas, bahwa
syarat yang harus dipenuhi oleh mempelai laki-laki ada dua syarat. Pertama
dituntut punya kemampuan dalam bidang silat dengan tujuan agar dapat melindungi
calon istrinya dari orang-orang yang ingin berbuat jahat. Dan yang kedua juga
penganten laki-laki dituntut bisa mengaji agar nantinya bisa menjadi imam yang
baik dalam segi agama islam dan mencontohkan hal-hal baik kepada anak dan
istrinya.
Di lain pihak tradisi ini juga
merupakan sebuah atraksi untuk mempererat tali persaudaraan antara keluarga
mempelai pria maupun wanita. Selain itu juga, sebagai ujian bagi sang lelaki
untuk membuktikan kehebatannya kepada mempelai wanita bahwa dia pantas meminang
sang wanita. Oleh karenanya, wanita betawi itu tidak boleh sembarangan menerima
pria untuk menjadi pasangan hidupnya, wanita tersebut harus jeli dalam
menetukan apakah pria tersebut pantas atau tidak, bagaimana asal-usulnya,
pekerjaan, hingga ke keluarganya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar